Edelweiss-travel.com | Bangkok – Ancient Siam dikenal dengan Ancient City, atau menurut bahasa Thailand adalah Muang Boran. Ancient Siam mendapat julukan sebagai outdoor museum terbesar di dunia.

Dengan luas mencapai 320 hektar dan memiliki 116 struktur bangunan dan monumen historis dari Thailand. Meliputi periode era Dvaravati, Srivuchai, Lopburi, Lanna, Lan Chang, Sukhothai, U-Tong, Ayutthaya, Thonburi dan Rattanakosin. Bisa dibilang ini semacam TMII-nya Thailand.

Inisiasi pembangunan dan pendirian Ancient City dilakukan oleh seorang milyuner Thailand bernama Lek Viriyahphant (1914- 2000).

Yang paling asyik dan seru untuk berkeliling Ancient Siam adalah bersepeda. Ada ratusan sepeda yang bisa dipilih secara gratis.

Salah satu ikon Ancient City, Sanphet Prasat Palace, yang lokasi aslinya berada di Ayutthaya. Istana ini pada tahun 1767 dibakar saat orang-orang Burma menghancurkan kota. Ditempat aslinya, hanya tersisa reruntuhan dan pondasi dasarnya saja. Replika ini direkonstruksi ulang berdasarkan catatan sejarah dan arkeologis.

bangunan dalam Ancient City ini terdiri dari tiga jenis. Yaitu bangunan yang dipindahkan dari situs aslinya untuk direkonstruksi, bangunan duplikat yang dibuat berdasarkan bukti sejarah, serta bangunan hasil desain kreatif buatan Lek Viriyahphant. Sanphet Prasat Palace bersebelahan langsung dengan Dusit Maha Prasat Palace yang lokasinya berada Grand Palace, Bangkok.

Di area Ancient Siam terdapat bangunan Pavillion of The Enlightened. Pavilion of The Enlightened ini adalah bangunan yang menyimbolkan 500 biksu dari berbagai latar belakang budaya mencapai nirwana. Banyak pengunjung yang datang menyempatkan diri untuk berdoa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here